Kantor Paperless

Paperless adalah sistem yang diciptakan untuk mengelola sistem administrasi. Ide kantor paperless mulai mencuat di akhir tahun 90an . Dengan filosofi pendekatannya yaitu menggunakan sesedikit mungkin dan digitalisasi dokumen kertas. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan produktivitas, hemat biaya, ruang yang efisien dan mengurangi dampak lingkungan.
Jargon kantor paperless sudah menggema beberapa tahun yang lalu. Karena kemajuan teknologi informasi dan komputer, manusia mendapatkan cara alternatif lain dalam pengolahan dan membaca berbagai dokumen. Kantor paperless adalah mimpi dengan membiasakan diri mengolah dan membaca dokumen dalam bentuk digital , dengan kata lain, mengurangi penggunaan kertas sebagai bahan pokok penulisan dokumen seperti sekarang .
Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan dengan menggunakan paperless , antara lain :
1 . Efisien waktu
2 . Manajemen dokumentasi yang lebih baik 
3 . Kenyamanan yang lebih baik dalam bekerja.
4 . Mendukung keputusan yang lebih baik / Manajemen lebih terkendali.
5 . Pengendalian manajemen yang lebih baik 
6 . Meningkatkan citra organisasi .

Namun, dalam perkembangan ide ini kurang luas . Manusia masih cinta bau di mana-mana analog meskipun dimanjakan dengan produk-produk digital . Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :
1 . Penggunaan kertas sebagai media menulis adalah lebih praktis dan dalam jumlah kecil
hemat biaya .
2 . Proses digitalisasi membutuhkan skill tertentu.
3 . Tingkat kepercayaan publik terhadap dokumen kertas lebih besar.
Pada dasarnya paperless office memiliki banyak manfaat selain ramah lingkungan karena tidak menambah sampah juga cukup membantu mengurangi tumpukan kertas di meja Anda. Ditambah dengan format digital adalah penyebaran informasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat .